counter

Indêx ►

Google

Laptop-laptop Ultraringan

KEMUNCULAN laptop MacBook Air keluaran Apple memang superheboh. Orang pun dibuat berdecak kagum. Maklum saja, dengan desain yang unik dan modis, Steve Jobs, sang pendiri Apple, mengklaim MacBook Air sebagai laptop tertipis di dunia. Meski harus diakui, MacBook Air adalah laptop tertipis (superslim) di dunia, tetapi soal bobot, MacBook bukanlah laptop teringan.

Dengan bobot 1,5 kg, MacBook jelas masih kalah ringan jika dibandingkan dengan beberapa merek laptop yang diluncurkan beberapa waktu sebelumnya. Selain bobotnya, MacBook mungkin juga bukan termasuk laptop yang paling praktis. Berikut ini adalah beberapa laptop yang termasuk ultraringan, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Lenovo ThinkPad X300

Thinkpad X300 adalah laptop superringan dari Lenovo yang bisa disebut lawan sepadan bagi Apple MacBook Air. Dengan layar 13,3 inci, berat laptop ini di bawah 1,5 kg, atau lebih ringan daripada MacBook. Tetapi, bukan itu saja yang jadi kelebihan laptop ini. LCD-nya sudah mengunakan LED backlight sehingga membuat layar lebih tipis. Selain itu, kemampuan baterai juga lebih lama. Ketebalan ThinkPad X300 hanya 7 mm dengan dual layar DVD burner, WWAN, GPS, dan pengaman pembaca sidik jari.

Spesifikasinya, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo SL7100 (1.2 ghz), display layar lebar (widescreen) 13,3 WXGA+ TFT (LED backlight), Intel Graphics Media Adapter X3100, RAM hingga 4 gb, 64 gb Solid State Drive, pembakar DVD supertipis, konektivitas menggunakan wireless, bluetooth, dan dilengkapi built-in camera, sistem operasi Windows XP Pro / Vista. Harganya sekitar 2.548 dolar AS.

Laptop yang satu ini boleh jadi tak memiliki apa yang ada pada Apple MacBook Air, yakni superslim atau gaya yang Spartan. Namun, konstruksinya yang rock-solid memberinya nilai tambah, laptop ini menawarkan semua hal yang dibutuhkan para pebisnis yang biasa bepergian (mobilitas tinggi). Tidak seperti kebanyakan laptop ultraportable, Lenovo memiliki eraserhead dan touchpad. Papan ketik (keyboard), dengan ukuran penuh (full-size), dan tombol yang diberi arah panah, terasa luar biasa. Yang menjadi kekurangan ThinkPad X300 ialah dalam hal gaya, terutama jika dibandingkan dengan MacBook Air, yang malah memberinya banyak fitur dan fungsi.

Asus U2E

U2E didesain dan dirancang dengan kemewahan terbaik, aksesoris paling bergaya yang sangat berguna dan fleksibel. Kemewahan yang mengagumkan juga terdapat pada casing-nya yang merupakan gabungan bentuk dan fungsi, layar, dan keyboard menyatu sempurna pada engsel yang dipoles sempurna dengan desain yang terinspirasi dari kemewahan cufflink. Kerangka stainless steel yang dipoles dengan tangan dan detail guratan tembaga menyatu sempurna dengan lapisan kulit premium yang menciptakan kesinambungan antara kehangatan dan estetika berteknologi tinggi yang memancarkan dasar kesempurnaan yang dicapai dari visual dan keseimbangan respon.

Beratnya hanya 2,8 pon dan jika ditambah dengan adaptor AC untuk bepergian, beratnya hanya 3,5 pon. Laptop ini juga memiliki tampilan layar lebar yang brilian dengan 1366 x 768 pixel. Seperti pada laptop Sony VAIO VGN-TZ295 N, layar Asus U2E dapat dilihat meski kekurangan pencahayaan LED. Pengguna Asus U2E juga bisa menghubungkan laptopnya kepada layar televisi devinisi tinggi HDTV menggunakan HDMI port. Tampilannya cukup menyenangkan, penuh gaya, termasuk long-running notebook. Asus U2E dengan hard disk solid state 32 gb, mengintegrasikan kemewahan, teknologi, dan standar tinggi pada fashion laptop. Kemewahan dan utility melebur menjadi satu.

Layarnya hanya 11 inci dan berat keseluruhan sekitar 2 kg, laptop ini termasuk tahan guncangan dan didesain lebih ramah lingkungan. Berkat penggunaan SSD dan panel LCD dengan back-lit LED, menjadikan laptop Asus U2E efisien dalam penggunaan energi. Modul webcam beresolusi tinggi menggunakan salah satu lensa terkecil yang ada dan terintegrasi sempurna ke dalam panel LCD U2. Harga 1.999 dolar AS dan 2.699 dolar AS dengan 32 gb SSD dan 160 gb external HDD.

Toshiba Portege R500

Laptop ini didesain tak biasa, namun atribut desain tersebut tampaknya disengaja oleh pabrikan sebagai corak yang tingkat ketahanannya sudah ditingkatkan. Sebelum kemunculan MacBook Air, pihak Toshiba mengaklaim Portege R500 notebook menjadi notebook paling tipis dan ringan. Memiliki ketahanan baterai lebih lama. Layar LCD 12 inci, 64 gb SSD drive hanya memiliki berat 1 kg dengan ketebalan 19,5 mm. Layar LCD mengunakan jenis LED sebagai lampu backlight.

Toshiba mengatakan, Portege R500 mampu bekerja sampai 12 jam. Dengan mengurangi ukuran yang disebut High Density Mounting Technology, laptop ini berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu laptop tertipis. Ukuran mainboard diperkecil sampai 35 persen, dengan kombinasi supertipis DVD 7 mm drive dan mengurangi berat dari engsel notebook. Prosesornya saja mengunakan tipe ULV Core 2 Duo dengan kecepatan 1.2 ghz dan memory 1 gb terpasang. Salah satu kekurangannya, Portege R500 hanya memiliki satu USB port. Harganya 3.000 dolar AS.

Fujitsu LifeBook P8010

Kehadiran Fujitsu LifeBook P8010 memang ditujukan untuk menggantikan seri sebelumnya, yakni P7230. LifeBook P8010 merupakan salah satu dari sedikit ultraportable device yang dapat bertahan begitu lama dalam sekali pengisian baterai, walaupun prosesor yang berdaya rendah dan keyboard yang kurang nyaman dapat menurukan produktivitas kita. Mereka yang telah mengenal P7230 akan melihat bahwa terdapat perubahan desain pada P8010.

Walaupun dimensi yang ada lebih besar yaitu 11,2 x 8,4 x 1,4 inci (HWD) dari dimensi sebelumnya yaitu 10,7 x 7,8 x 1,2 inci, tetapi berat yang hanya 2,8 pon, lebih ringan dari tipe P7230 sebagai versi pendahulunya. Bentuk rangka yang lebih lebar, membuat P8010 dapat memiliki layar 12 inci dari 10,6 inci pada versi sebelumnya.

Kecepatan selalu menjadi masalah pada P-series. Karena keterbatasan ukuran maka P-series hanya dapat menampung prosesor dengan voltage rendah. Pada P8010 prosesor yang digunakan 1.2 ghz Intel Core 2 Duo L7100, harddisk 120 gb 5400 rpm dan memori 2 gb. Kelebihan karena menggunakan prosesor voltase rendah ini adalah daya tahan baterai yang cukup lama yaitu sekitar 5 jam. Disamping itu, hal tersebut juga dapat menghemat tagihan listrik anda. LifeBook P8010 memiliki sertifikasi Energy Star 4.0 dan EPEAT Silver. Jumlah energi yang digunakan sama dengan MacBook Air.

Fujitsu LifeBook P8010 adalah salah satu dari device ultraportable yang mengintegerasi optikal di dalamnya, dan menghasilkan baterai tahan lama dengan berat kurang dari 3 pon. Tetapi dengan harga 2.000 dolar AS yang lebih mahal dibandingkan dengan pesaingnya, Fujitsu seharusnya mencari cara untuk memperbesar keyboard dan menaikkan performa sehingga sebanding dengan harganya.

Kurang diminati

Masalahnya, meski dari sisi portabilitas laptop-laptop superringan tersebut sangat mendukung mobilitas penggunannya, namun realitas di pasaran justru memperlihatkan laptop tersebut kurang diminati pasar. Pasar laptop-laptop tersebut juga sangat terbatas. Mengapa laptop superringan sulit dijual?

Salah satu faktornya adalah soal harga yang masih tinggi. Ini memang sebagai konsekuensi dari pemilihan komponen laptop yang makin kecil. Semakin kecil komponen internal, biaya produksi makin tinggi dan imbasnya adalah pada harga jual.

Sementara itu, dari segi fitur, semakin mini laptop maka semakin minim fitur yang tersedia. Demi menghemat ruang, fitur-fitur tersebut harus dipangkas. Misalnya, MacBook Air tidak memiliki CD/DVD drive, atau baterai yang mudah diganti. Hilangnya beberapa fitur, bagi sebagian orang, tentu saja akan menjadi gangguan tersendiri. Terutama bagi mereka yang dalam pekerjaannya membutuhkan dukungan fitur lengkap dan kemampuan tingkat tinggi.

Demikian pula dengan ukuran layar yang masih menjadi permasalahan bagi laptop ultraportable. Laptop-laptop ini memang tepat digunakan sebagai laptop kedua untuk menyelesaikan tugas-tugas ringan. Namun, untuk menyelesaikan tugas-tugas berat, laptop dengan ukuran normal masih menjadi pilihan terbaik.

Jadi, ke depan, yang dibutuhkan adalah laptop berukuran mini, portable, superringan, berfitur lengkap, dan pastinya, harga yang supermurah. Ini jelas tantangan bagi para pabrikan laptop jika produk mereka ingin diterima pasar

GoBlog......

Mau tuker link dengan Blog ini???

My_LinK!

Pês@n $ingK@t

 

Template Designer by : Faesal Rahma Wiguna | Phone# : 085 224 267 899