counter

Indêx ►

Google

Distro Linux yang Mengedepankan Kemudahan dan Keandalan: Ubuntu Hardy Heron (8.04 LTS version)

Salah satu distro Linux yang paling banyak digemari dan digunakan saat ini adalah Ubuntu. Selama satu tahun terakhir, distro ini selalu menduduki peringkat teratas di situs web DistroWatch yang beralamat di www.distrowatch.com. Selain karena kemudahannya, distro ini digemari juga karena rilisnya yang begitu cepat, yaitu setiap enam bulan sekali.

Bulan April lalu, tepatnya tanggal 24 April 2008, Ubuntu terbaru resmi dirilis. Mempunyai nama kode (code name) Hardy Heron, rilisan baru ini semakin banyak menawarkan berbagai kemudahan tanpa menghilangkan kestabilan dan keandalannya. Selain itu, rilisan yang mempunyai kode rilis 8.04 ini, sangat kompatibel dengan sistem operasi yang merajai dunia perangkat lunak proprietary saat ini, Windows. Kemampuan ini semakin membuktikan bahwa ada distro Linux yang memang mengedepankan kemudahan dan keandalan.

Tentang Hardy Heron

Ubuntu memiliki keunikan tersendiri dalam proses penamaannya. Berbeda dengan distro Linux lain yang proses penamaannya sesuai urutan rilis, Ubuntu menggunakan angka rilis dengan format tahun dan bulan rilisnya (tahun x dari 200x].[urutan bulan]. Urutan bulannya pun tidak pernah angka selain 04 dan 10. Hal ini karena Ubuntu rilis setiap enam bulan sekali yang jatuh pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya.

Selain memiliki nama berupa kode angka, Ubuntu juga memiliki nama kode pembangunan (development code name) yang diambil dari frase nama binatang yang mempunyai variasi rima atau huruf depan yang bersesuaian.

Ubuntu terbaru yang dirilis bulan April tahun 2008 ini mempunyai kode rilis 8.04 sesuai dengan waktu rilisnya, yaitu pada bulan keempat dan tahun 2008. Selain itu, Ubuntu ini juga diberi nama kode Hardy Heron. Heron adalah burung bangau, yaitu burung yang hidup di perairan seperti pantai dan danau.

Ubuntu 8.04 atau yang sering disebut sebagai Ubuntu Hardy Heron, merupakan versi LTS (long term support), yaitu versi yang mendapatkan dukungan selama tiga tahun untuk desktop dan lima tahun untuk server. Versi LTS yang disebut juga sebagai versi Enterprise ini, biasanya dirilis setiap dua tahun sekali.

Kemudahan & keandalan

Ubuntu Hardy Heron adalah versi Ubuntu yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Ubuntu dalam dua bulan sebelum rilisnya. Pasalnya, rilisan terbaru ini menawarkan banyak kemudahan, keandalan, dan kestabilan yang tidak dimiliki versi rilis sebelumnya. Saking mudah dan andalnya rilis ini, situs kapanlagi.com sampai memprediksi bahwa Ubuntu Hardy Heron bakal merebut pengguna Windows.

Salah satu fitur yang paling populer di Ubuntu Hardy Heron adalah Wubi. Aplikasi ini merupakan installer Ubuntu untuk pengguna Windows yang bisa membawa ke dunia Linux hanya dengan sekali klik. Selain itu, Wubi bisa digunakan untuk install dan uninstall Ubuntu seperti halnya perangkat lunak aplikasi yang ada di Windows.

Fitur ini sangat cocok bagi pengguna Windows yang ingin mencoba Ubuntu tetapi tak mau repot menginstal sistem operasi baru. Wubi cukup aman dan mudah serta sepenuhnya free. Fitur lainnya yang dikatakan cukup mudah adalah proses instalasi rilis ini yang lebih singkat dan lebih sederhana sehingga memudahkan pengguna.

Selain menawarkan kemudahan yang lebih, Ubuntu Hardy Heron juga menawarkan keandalan aplikasi dan sistem. Hal pertama yang berubah adalah kernel yang digunakan merupakan kernel terbaru, yaitu kernel 2.6.24-16.30. Kernel ini cukup penting karena merupakan inti dari sistem operasi yang salah satu kinerjanya berkaitan dengan interface perangkat keras. Sehingga, wajar saja banyak perangkat keras yang di versi sebelumnya tidak terdeteksi secara otomatis, di versi ini terdeteksi secara otomatis dan dapat langsung digunakan.

Aplikasi yang ditawarkan pada sistem operasi ini pun bisa dikatakan cukup andal dari versi sebelumnya. Misalnya untuk aplikasi perkantoran yang sudah menggunakan OpenOffice versi 2.4 yang kemudian disusul oleh Firefox yang kini menggunakan versi 3.0b5 yang memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Selain menawarkan aplikasi terbaru, Ubuntu Hardy Heron juga menawarkan beberapa aplikasi yang berbeda. Misalnya untuk aplikasi Burner yang pada rilis kali ini menggunakan Brasero dan aplikasi untuk mengunduh yang digantikan oleh Transmission BitTorent Client dengan performa yang lebih cepat dan andal. Berbagai perubahan pada tampilan ikut mewarnai Hardy Heron seperti tata letak dan penamaan. Misalnya aplikasi yang dulu bernama Restricted Driver Manager, kini berubah menjadi Hardware Drivers.

Keindahan tampilan

Selain karena kemudahan dan keandalannya, Ubuntu juga menawarkan keindahan tampilannya. Keindahan tampilan desktop Ubuntu semakin terasa di Hardy Heron. Dimulai dari layout desktop dan theme yang tetap konsisten menggunakan theme Human dengan didominasi warna oranye, hingga wallpaper default-nya yang tidak hanya memanfaatkan permainan warna, tetapi menampilkan sosok seekor burung bangau dengan latar belakang yang masih didominasi oleh warna cokelat.

Untuk teknologi desktop effect, Ubuntu Hardy Heron masih memercayakan ke Compiz Fusion. Dengan tampilan yang semakin mengundang ketertarikan orang untuk menggunakannya, sepertinya prediksi Ubuntu Hardy Heron bakal menarik pengguna Windows di Indonesia akan menjadi kenyataan. Belum lagi dengan munculnya Linux BlankOn Lontara yang merupakan Distro Linux karya anak bangsa yang diturunkan dari Ubuntu Hardy Heron, ikut memperkuat posisi Linux dan open source sebagai perangkat lunak yang akan banyak digunakan di Indonesia.

"Hardy Release Party"

Untuk menyambut rilis terbaru Ubuntu, Klub Linux Bandung bekerja sama dengan CommonRoom, akan menyelenggarakan "Hardy Heron Release Party" (HRP) pada hari Sabtu tanggal 10 Mei 2008 pukul 9.00 sampai dengan 15.30 WIB bertempat di CommonRoom Jalan Kyai Gede Utama No. 8 Bandung. Acara akan diisi dengan diskusi mengenai "Teknologi Informasi yang legal dan aman untuk Masyarakat".

GoBlog......

Mau tuker link dengan Blog ini???

My_LinK!

Pês@n $ingK@t

 

Template Designer by : Faesal Rahma Wiguna | Phone# : 085 224 267 899