counter

Indêx ►

Google

"Handphone" Pertama dengan Layar Gulung

INOVASI di bidang teknologi informasi memang tak kenal henti. Bosan dengan bentuk handphone yang rigid dan layar paten, kini muncul inovasi baru yang menjadikan layar handphone bisa digulung. Adalah perusahaan Belanda, Polymer Vision, yang melakukan inovasi tersebut melalui produk handphone bernama Readius. Handphone dengan layar selebar lima inci atau 13 cm ini bisa digulung ke dalam badan handphone jika tidak sedang digunakan.

Ukuran dalam keadaan tertutup tak jauh berbeda dengan sebuah smartphone yang tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Namun, saat layar gulungnya ditarik, membuka halaman internet atau mengecek e-mail seleluasa di depan komputer atau notebook mini dengan layar berdiagonal 5 inci. Teknologi yang memungkinkan layar bisa disembunyikan ke dalam handphone tersebut dinamakan Rollable Screen.

Disebutkan, handphone ini menjadi yang pertama di dunia dengan teknologi layar gulung semacam itu. Selain keistimewaan pada layar, handphone berkemampuan 3G ini juga bisa difungsikan sebagai pembaca e-book atau buku digital. Layar Readius memakai material E-Ink yang diklaim membuat nyaman aktivitas membaca di handphone, mirip seperti membaca di kertas biasa. Sayang, layarnya baru dapat menampilkan warna hitam dan putih dan belum dapat menampilkan gambar bergerak. Namun, Polymer Vision saat ini tengah mengembangkan layar warna delapan inci yang dapat menampilkan video.

Readius akan bekerja di jaringan 3G yang mendukung transfer data nirkabel kecepatan tinggi dan sudah mendukung standar POP3 dan IMAP untuk menarik e-mail dari server e-mail di internet. Tidak hanya berfungsi sebagai handphone, Readius dilengkapi mesin pemutar lagu MP3 dan file audio. Memori yang disediakan sudah delapan gigabit.

Untuk navigasi, saat ini baru tersedia delapan tombol langsung yang disebut SimpleTouch. Akan tetapi, model-model berikutnya dijanjikan akan dilengkapi keyboard standar. Baterainya tahan hingga enam kali lipat baterai handphone standar atau 30 jam waktu pakai. "Kami membawa pengalaman e-reading (membaca file elektronik) ke dalam handphone, Anda memperoleh layar lebar untuk membaca, baterai super tahan lama, koneksi tinggi, faktor bentuk dan berat sebuah handphone," ujar Karl McGoldrick, CEO Polymer Vision.

Ia berharap Readius akan berkompetisi ketat dengan iPhone dari Apple atau Kindle, perangkat pembaca e-books yang dikeluarkan Amazon. Harga jualnya masih dirahasiakan, namun produk ini diharapkan dapat dirilis pertengahan tahun 2008.

GoBlog......

Mau tuker link dengan Blog ini???

My_LinK!

Pês@n $ingK@t

 

Template Designer by : Faesal Rahma Wiguna | Phone# : 085 224 267 899