counter

Indêx ►

Google

Topi Pembaca Pikiran

Sekilas bentuknya seperti topi biasa. Namun, dengan tambahan sensor dan perangkat elektronika khusus, topi tersebut dapat memantau aktivitas otak pemakainya. Ia akan menganalisis sinyal electroencephalogram (EEG) yang dipancarkan otak dan dapat menyimpulkan apabila pemakainya mengantuk atau menginginkan sesuatu.

Topi tersebut memang dirancang untuk membantu pemakainya mengetahui hal-hal di luar kesadaran. Hal tersebut mungkin sangat membantu saat kita sedang melakukan pekerjaan berisiko besar atau butuh konsentrasi penuh, misalnya saat mengendarai mobil.

Di masa lalu sistem pemantau sinyal biologi membutuhkan kabel dan rangkaian yang ruwet. Selain itu, dibutuhkan gel sebagai media pengantar antara sensor dan kulit. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, gel tak lagi dibutuhkan. Hanya perlu jarak minimum agar sensor dapat membaca sinyal yang dipancarkan otak.

Tim riset dari Taiwan sengaja merancang sistem pemantau sinyal biologis seperti ini menggunakan topi agar mudah dipakai dan nyaman. Rangkaian elektronikanya juga dibuat kecil dan ringkas. Selain itu, data-data pengukuran dipancarkan secara otomatis ke komputer secara nirkabel. Hasil analisis dilakukan realtime sehingga dapat diketahui langsung sesuai dengan kebutuhan.

"Ini dapat digunakan pada bermacam aplikasi. Kami baru menggunakannya sebagai sistem peringatan mengantuk untuk pengendara," ujar Li-Wei Ko dari Universitas Chiao-Tung, Taiwan, yang melaporkan hasil penelitian dalam IEEE Transactions on Biomedical Engineering edisi terbaru.

Jadi, dalam pengembangan alat ini mereka tidak mengembangkan dan melakukan uji coba terhadap sistem EEG, namun juga mendesain sistem BCI (brain computer interface) sebagai perangkat pemantau bergerak dan nirkabel. Di permukaan topi terdapat lima elektroda kering dan satu elektroda di belakang telinga kiri untuk menangkap sinyal EEG. Sinyal otak yang diterima akan diteruskan ke komputer dengan bluetooth untuk jarak kurang dari 10 meter sampai gelombang radio frekuensi tinggi untuk jarak hingga 60 meter.

GoBlog......

Mau tuker link dengan Blog ini???

My_LinK!

Pês@n $ingK@t

 

Template Designer by : Faesal Rahma Wiguna | Phone# : 085 224 267 899